fbpx

Adara Selenggarakan Workshop Menulis: Suara Kita, Masa Depan Palestina

Salah satu kegiatan utama yang dilakukan Adara Relief International (Adara) secara kontinu adalah mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menumbuhkan kepedulian pada kondisi Palestina saat ini. Sebagai bentuk dari kegiatan tersebut, Adara menyelenggarakan Academic Writing Workshop about Palestine bersama Shofwan al-Banna Choiruzzad, Ph.D pada Ahad (11/10).

Melalui platform Zoom, program yang diikuti oleh lebih dari 60 orang peserta ini membahas cara-cara menulis tulisan ilmiah atau akademik yang berfokus pada topik mengenai Palestina. “Menulis untuk Palestina berarti menulis untuk keadilan,” ungkap Shofwan. Lebih lanjut, Dosen Hubungan Internasional di Universitas Indonesia ini menjelaskan, “Ada empat alasan mengapa kita harus menulis untuk Palestina. Pertama, untuk mencegah yang dibunuh dibunuh kembali untuk kedua kali. Kedua, untuk mencegah pembunuhan terhadap yang masih hidup. Ketiga, untuk melawan penjajahan. Dan yang keempat, untuk membela kemanusiaan.”

Untuk menulis mengenai kondisi Palestina, juga ada beberapa hal yang harus dipahami, di antaranya sejarah awal mula permasalahan, bagaimana upaya-upaya perdamaian dilakukan, serta fakta-fakta besar dan spesifik seputar Palestina. Hal ini perlu dilakukan agar setiap tulisan yang dihasilkan dapat memaparkan fakta-fakta dari kejadian yang sebenarnya guna menghalau propaganda Israel yang kerap terjadi.

Lanjut Shofwan, Israel memiliki industri propaganda yang disebut Hasbara yang tugasnya mengaburkan fakta. “Fakta-fakta yang terjadi dikaburkan oleh Hasbara, tim propaganda Israel, dengan cara kampanye-kampanye yang tersistematis, dan berdana besar,” ungkapnya.

Di akhir workshop, Adara mengajak para peserta untuk berpartisipasi dalam penulisan buku Youth Perspective on Palestine. Melalui tulisan, suara kita bisa menjadi masa depan Palestina. Karena menulis untuk Palestina, berarti menulis untuk keadilan.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar Program Bantuan Adara untuk Palestina.

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas