54 Tahun Peristiwa Naksah, Apa yang Sudah Kita Lakukan untuk Palestina?

Hari ini menandai peringatan 54 tahun peristiwa Naksah, yang dimulai setelah Penjajah Zionis Israel menyerang pasukan Mesir, Suriah, dan Yordania, yang mengakibatkan pendudukan Tepi Barat, Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Sinai Mesir, dan Dataran Tinggi Golan Suriah.

Kita juga masih mendapati hingga hari ini, Zionis Israel terus melakukan kejahatan yang lebih keji terhadap rakyat Palestina. Kebijakan mereka bertujuan menggusur warga Palestina dan mencabut keberadaan mereka di Tepi Barat dan Yerusalem, di tengah eskalasi Yahudisasi dan pembangunan pemukiman Ilegal, perampasan tanah, dan serangan terhadap situs-situs suci, terutama Masjid Al-Aqsa.

Pada 5 Juni 1967, Zionis Israel memulai perang dengan serangan militer mendadak di front Mesir, menargetkan Sinai dan Terusan Suez. Pada akhir hari tanggal 5 Juni, Pasukan Zionis Israel mengambil alih sebagian besar tanah Arab. Pendudukan meningkat empat kali lipat dari apa yang telah didudukinya ketika deklarasi berdirinya Negara Israel dalam peristiwa Nakbah pada 1948. Mereka mencaplok wilayah yang tersisa yaitu Tepi Barat dan Jalur Gaza juga menguasai Sinai, dan Dataran Tinggi Golan.

Selain itu, Israel mengambil alih sumber daya minyak di Sinai, sumber daya air di Tepi Barat, dan dataran tinggi Suriah. Ini membuka peluang mereka untuk terus meningkatkan arus imigrasi dan pembangunan pemukiman di tanah Arab yang diduduki.

Zionis Israel juga memulai pergerakan untuk melakukan Yuhudisasi Al Quds secara sistematis dan terorganisir. Diiringi dengan perebutan wilayah Tepi Barat untuk meningkatkan situasi strategis, keamanan dan militernya.

Baca juga: 73 Tahun Peringatan Peristiwa Nakbah, Sudah Sampai Mana Perjuangan Kita?

Hari ini, juga mengingatkan kita untuk pertama kalinya Zionis memiliki kedaulatan penuh atas kota Al Quds, di mana ketika pada 1948, mereka hanya bisa menduduki bagian baratnya saja. Peristiwa ini menyebabkan gelombang pengungsian baru yang memaksa sekitar 300.000 warga Palestina keluar dari tanah air mereka.

Sejarah kembali terulang, apa yang sudah kita lakukan untuk Palestina dan Masjid Al Aqsa?

***

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Bagi Sahabat Adara yang ingin menyalurkan donasi untuk bantuan untuk anak dan perempuan Palestina, dapat melalui rekening bantuan untuk Palestina a.n Yayasan Adara Relief International:

  1. Bank Muamalat: 309-000-2717
  2. Bank Mandiri: 070-000-5658799
  3. OVO / Gopay: 087780464183.

Konfirmasi donasi dapat dilakukan melalui WhatsApp ke nomor 085692956689.

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Leave a Reply