fbpx

Suasana Kota Hebron (Al Khalil), Kotanya Nabi Ibrahim AS (yang kini terjajah)

Hebron atau yang disebut dengan Al Khalil adalah nama sebuah kota di Palestina yang terletak di Tepi Barat sekitar 32 km dari kota Al Quds dan sekitar 12 km dari Betlehem. Kota kecil ini merupakan salah satu kota yang tertua. Menurut catatan sejarah, kota ini berdiri sejak 5500 tahun yang lalu di mana dihuni oleh suku-suku Kan’aniyyin. Suku Kan’an adalah salah satu suku yang banyak mendiami wilayah Palestina pada masa-masa nabi-nabi Bani Israel.

Di Al-Khalil atau Hebron terdapat masjid Al-Ibrahimi yang diyakini oleh orang-orang Islam sebagai masjid yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan menganggap sebagai masjid tertua di dunia ini.

Awalnya, bangunan tersebut hanya berupa tempat tinggal Nabi Ibrahim yang sangat sederhana bersama dengan istrinya Sarah. Namun, kemudian tempat tersebut menjadi tempat suci bagi tiga agama. Dan, di tempat itu juga dibangun Masjid yang kemudian dinamakan Masjid Al Ibrahimi. Di dalamnya terdapat makam nabi Ibrahim dan istrinya, Sarah, serta keturunannya Ishaq, Ya’qub, dan Yusuf.

Sebagaimana layaknya beberapa masjid di Arab dan di Persia, di dalamnya terdapat makam nabi-nabi atau para wali suci yang ditempatkan secara berdampingan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas