Pemukim Yahudi Serukan Penyerbuan Massal Masjid Al-Aqsa pada 7 Agustus

Israel Public Broadcasting Corporation menyatakan Kamis (4/8) bahwa pemukim Israel mendapat izin untuk menyerbu Masjid al-Aqsa pada Sabtu malam (6/8) dan Minggu (7/8). Penyerbuan tersebut dalam rangka memperingati hari Tisha B’Av. Israel Public Broadcasting Corporation memperkirakan sekitar 3.000 pemukim Israel yang akan menyerbu Al-Aqsa dalam dua hari yang disebutkan.

Tisha B’Av adalah peringatan hari penghancuran Kuil Suci pertama dan kedua. Bagi umat Yahudi, hari tersebut adalah hari berkabung atas penghancuran Kuil Suci Nabi Sulaiman (Kuil Solomon). Pengancuran Kuil Suci pertama kali terjadi pada 586 SM oleh Nebukadnezar Babilonia. Sementara itu, penghancuran Kuil Suci kedua pada 70 M oleh Titus Romawi. Dalam kalender Yahudi, peringatan itu jatuh pada tanggal 9 bulan Av (yang biasanya bertepatan dengan Juli atau Agustus). Acara keagamaan tersebut berhubungan langsung dengan Masjid al-Aqsa karena orang-orang Yahudi meyakini bahwa al-Aqsa adalah lokasi Kuil Suci mereka.

Sebelumnya, surat kabar Israel Today mengungkapkan bahwa 16 anggota Knesset Israel menuntut agar Ketua Knesset Mickey Levy mengadakan diskusi khusus di Knesset sebagai persiapan penyerbuan pemukim terhadap Masjid al-Aqsa pada Minggu (7/8). Surat anggota Knesset menyatakan bahwa sejumlah besar pemukim akan menyerbu Al-Aqsa pada hari Tisha B’Av (7/8), dan ini memerlukan pengamanan luar biasa.

Di antara anggota Knesset yang menandatangani surat itu adalah mantan menteri dalam negeri Avi Dichter, mantan kepala Shin Bet, mantan menteri Amir Ohana, Tzachi Hanegbi, Katie Sheetrit, dan Miki Zohar.

Pekan lalu, kelompok Temple Mount juga telah menyerukan pemukim ekstremis Israel untuk mengatur serangan skala besar dan melakukan ritual Talmud di halaman Masjid al-Aqsa untuk memperingati Tisha B’Av.

Pada 2021 lalu, hari Tisha B’Av jatuh pada 9 Agustus. Setiap tahun kelompok tersebut menyerukan serangan besar ke Al-Aqsa setiap peringatan ini. Mereka menganggap peringatan tersebut sebagai salah satu hari besar untuk menyerbu masjid dan menodainya dalam upaya untuk mengembalikan kejayaan Kuil Suci.

Menanggapi hal ini, para aktivis Palestina menyerukan kehadiran dalam skala besar pada Minggu (7/8) di Masjid al-Aqsa untuk melawan serbuan pemukim Zionis.

Sumber:

https://alqastal.info/post/21262/تقديراتإسرائيلية-3000-مستوطنسيقتحمونالأقصىيوميالسبتوالأحد

https://alqastal.info/post/21175/مستوطنونيجددوندعواتهملاقتحامالأقصىفيمايسمىذكرىخرابالمعبد

https://www.palinfo.com/309622

https://www.aljazeera.net/news/alquds/2021/7/17/دعواتلشدالرحالللأقصىمتطرفون

https://www.myjewishlearning.com/article/tisha-bav-101/

***

Tetaplah bersama Adara Relief International untuk anak dan perempuan Palestina.

Kunjungi situs resmi Adara Relief International untuk berita terbaru Palestina, artikel terkini, berita penyaluran, kegiatan Adara, dan pilihan program donasi.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Donasi

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Free Email Updates
We respect your privacy.

Leave a Reply