Israel Gusur Desa di Tepi Barat untuk Kepentingan Pemukim

Pemukim Israel hari Selasa (21/6) meratakan dan menggali petak-petak tanah di desa Kisan, sebelah timur kota Betlehem, Tepi Barat selatan. Kisan adalah sebuah desa yang terputus dari desa tetangga Palestina lainnya. Sebanyak 800 orang penduduk tinggal di desa ini.

Di sekeliling Kisan terdapat dua permukiman ilegal Israel, Maale Amos dan Avi Menahem. Luas wilayah Kisan sekitar 133.278 dunam (133 kilometer persegi). Namun, pemukim Israel telah mengambil alih 2.201 dunam (2,2 kilometer persegi) dari keseluruhan tanah desa tersebut.

Ahmad Ghazal, seorang aktivis lokal, mengatakan bahwa seorang pemukim meratakan tanah desa untuk memberi ruang bagi perluasan pabrik pemotong batu yang ia miliki. Pabrik tersebut terletak 100 meter dari rumah-rumah yang berada di desa.

Ghazal menambahkan, bahwa kejadian semacam ini bukan yang pertama kalinya. Pada banyak kesempatan, pemukim dan tentara Israel selalu berupaya untuk menggusur tanah desa dan menyerang penduduk.

Desa kecil di Kisan, Palestina telah menghadapi pencurian tanah dan serangan pemukim Israel yang intensif dalam beberapa bulan terakhir. Desa ini tidak memiliki jaringan transportasi, listrik atau air dan juga tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti klinik. Sebagaimana ratusan kota dan desa Palestina lainnya di Tepi Barat, Kisan terletak di ‘Area C’ di bawah Kesepakatan Oslo. Kesepakatan tersebut menempatkan desa itu di bawah kendali penuh militer dan administratif Israel.

Sumber: https://www.middleeastmonitor.com/20220621/

***

Tetaplah bersama Adara Relief International untuk anak dan perempuan Palestina.

Kunjungi situs resmi Adara Relief International untuk berita terbaru Palestina.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Donasi

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Free Email Updates
We respect your privacy.

Leave a Reply