Indonesia Bantah Adakan Pembicaraan Rahasia dengan Israel

Kementerian Luar Negeri Indonesia membantah Jerusalem Post yang melaporkan bahwa Jakarta telah mengirim delegasi ke Israel dalam kunjungan rahasia. Mereka menekankan bahwa berita bohong semacam itu mencerminkan cara lama media Israel untuk mendapatkan keuntungan. “Selama Palestina berada di bawah penjajahan Israel, Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih, kepada Tempo pada Selasa (20/9).

Bagus menambahkan bahwa media Israel sering mengarang berita yang tidak berdasar seperti itu. Ia menekankan bahwa posisi Indonesia tetap tidak berubah. Sebelumnya, surat kabar Israel melaporkan bahwa dua delegasi dari Pakistan dan Indonesia berada di Israel dalam kunjungan rahasia. Dikatakan bahwa perdagangan dan pariwisata antara Israel dan Indonesia telah tumbuh lebih dekat setelah serangkaian pertemuan.

Indonesia merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina setelah deklarasi Negara Palestina di Aljazair pada 15 November 1988. Kedua negara menandatangani Perjanjian Bersama tentang Dimulainya Hubungan Diplomatik Indonesia-Palestina pada 19 Oktober 1989 di Jakarta. Hal ini juga bertepatan dengan pembukaan Kedutaan Besar Negara Palestina di Jakarta. Duta Besar Palestina pertama untuk Indonesia menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Suharto pada 23 April 1990. Sejak itu, Indonesia secara konsisten menyatakan dukungannya terhadap perjuangan Palestina untuk kemerdekaan dan kedaulatan penuh.

Sumber:

https://www.middleeastmonitor.com

***

Tetaplah bersama Adara Relief International untuk anak dan perempuan Palestina.

Kunjungi situs resmi Adara Relief International untuk berita terbaru Palestina, artikel terkini, berita penyaluran, kegiatan Adara, dan pilihan program donasi.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Donasi

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Free Email Updates
We respect your privacy.

Leave a Reply