Hari Pengungsi Sedunia: Lebih dari 6,5 Juta Orang Palestina Berstatus Pengungsi

Majelis umum PBB menetapkan 20 Juni sebagai hari pengungsi sedunia sejak 22 tahun yang lalu. Majelis PBB ingin memperkenalkan masalah pengungsi dan meninjau penderitaan serta krisis yang mereka alami. Hal ini bertujuan untuk memberi dukungan kepada mereka, mengingat bahwa jumlahnya kian mengalami peningkatan.

Nakbah 1948 menandai momen awal pemindahan paksa bangsa Palestina dari tanah mereka. Dengan metode pembersihan etnis, tentara Israel menyebabkan perpindahan sekitar 800 ribu orang. Puluhan tahun kemudian, menurut catatan UNRWA pada Desember 2020, jumlah pengungsi Palestina yang terdaftar yaitu sekitar 6,4 juta orang. Sebanyak 28,4% di antaranya tinggal di 58 kamp resmi UNRWA, yang tersebar di berbagai negara, yaitu: 10 kamp di Yordania, 9 kamp di Suriah, 12 kamp di Lebanon, 19 kamp di Tepi Barat, dan 8 kamp di Jalur Gaza. Angka ini merupakan jumlah minimum, sebab masih ada pengungsi yang tidak terdaftar. Menurut UNRWA jumlah tersebut tidak termasuk orang-orang Palestina yang mengungsi setelah tahun 1949 hingga perang Juni 1967. Selain itu, orang-orang Palestina yang pergi atau dideportasi pada tahun 1967 karena perang dan yang awalnya bukan pengungsi juga tidak tercakup dalam angka tersebut.

Jumlah orang Palestina di dunia pada akhir tahun 2021 mencapai sekitar 14 juta, yang menunjukkan bahwa jumlah orang Palestina telah berlipat ganda sekitar 10 kali sejak peristiwa Nakba tahun 1948. Setengah dari populasi tersebut, 7 juta orang, tetap berada di Palestina untuk berjuang menjaga tanah air mereka.

Sumber:

https://safa.ps/p/330193

https://www.middleeastmonitor.com/20220620-report-6-4m-palestinians-are-refugees/

***

Tetaplah bersama Adara Relief International untuk anak dan perempuan Palestina.

Kunjungi situs resmi Adara Relief International untuk berita terbaru Palestina.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Donasi

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Free Email Updates
We respect your privacy.

Leave a Reply