Penyair Legendaris Palestina Ghareeb Asqalani Tutup Usia

Gerakan budaya Palestina telah kehilangan salah satu simbol dan pelopornya. Penyair legendaris Palestina, Ibrahim Al-Zant, atau yang sering dikenal sebagai Ghareeb Asqalani, tutup usia pada Selasa pagi (21/6) di Gaza. Ia wafat di umurnya yang ke-74 tahun setelah berjuang melawan penyakit yang ia derita.

Asqalani memiliki peran utama dalam mentransmisikan dan menyebarluaskan budaya Palestina di forum-forum Arab dan internasional. Ia juga banyak menyoroti penderitaan rakyat Palestina di bawah penjajahan dan perjuangan mereka melalui berbagai karya sastra.

Ratusan ungkapan belasungkawa beterbangan atas wafatnya sang legendaris. Mewakili presiden Palestina Mahmoud Abbas, Rawhi Fattouh, Presiden Otoritas Nasional Palestina menghadiri pemakaman Asqalani.

Nama Ghareeb Asqalani menjadi nama sastranya, karena ia lahir di kota Ashkelon pada tahun 1948. Dia bermigrasi bersama keluarganya ke kota Gaza setelah Nakbah. Ia menerima gelar BA di bidang Ekonomi Pertanian dari Universitas Alexandria pada tahun 1969. Selama studinya, Perang Juni 1967 terjadi dan Israel menjajah Jalur Gaza. Ketika itu, Israel menolak perizinan semua orang yang berada di luar Jalur Gaza untuk dapat kembali ke sana. Oleh karena itu, Asqalani berpindah-pindah antara Yordania dan Suriah lalu kembali ke Gaza setelah bertahun-tahun Israel asingkan secara paksa.

Asqalani telah menerbitkan 10 novel dan 6 cerita pendek. Karya-karyanya telah mendapat ketenaran dan popularitas yang luas baik di Palestina maupun dunia Arab. Banyak diantaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Rusia, dan Jerman. Ia memenangkan banyak penghargaan, yaitu: the Short Story Award dari Bethlehem University pada tahun 1977, Penghargaan Serikat Penulis Palestina pada tahun 1991, dan Penghargaan Persatuan Penulis Arab pada 2016. Asqalani juga mendapatkan anugerah Medali Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan, dan Seni pada tahun 2016 sebagai pengakuan atas kontribusi kreatifnya terhadap budaya nasional Palestina.

Sumber: https://safa.ps/p/330293

***

Kunjungi situs resmi Adara Relief International untuk berita terbaru Palestina.

Tetaplah bersama Adara Relief International untuk anak dan perempuan Palestina.

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Donasi

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Free Email Updates
We respect your privacy.

Leave a Reply