Penghancuran Infrastruktur WASH Menjadi Ancaman Hak Hidup Komunitas Palestina Di Area C

Sejak awal 2021, 28 insiden pembongkaran terhadap 46 bangunan WASH Palestina telah terjadi, menggusur 266 orang termasuk 146 anak-anak dan mempengaruhi 794 orang, menurut WASH Cluster di wilayah Palestina yang diduduki.

Baca juga: Palestina Memperjuangkan Hak atas Air dan Keberlangsungan Hidup di Lembah Yordan

WASH Cluster mengatakan bahwa selama periode satu bulan, tiga pembongkaran massal terjadi di komunitas Humsa Al Bqai’a, Ras At Tin, dan yang terbaru adalah Ibziq. Penghancuran infrastruktur WASH ini menunjukkan peningkatan sebesar 40 persen, dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020, dan peningkatan 300 persen dalam hal orang-orang yang terkena dampak.

Selama ini, Komunitas Palestina di Area C sudah menghadapi tantangan tersendiri dalam mengakses air yang aman dan terjangkau, karena kurangnya saluran air dan sulitnya perizinan untuk membangun dan terhubung ke jaringan air. Dengan menghancurkan infrastruktur WASH dan mencegah masyarakat mengakses air, maka kehidupan dan mata pencaharian ratusan penduduk  berada di bawah ancaman, apalagi diperparah dengang COVID-19 dan gelombang panas yang hebat.

Selain itu, penyitaan tangki air bergerak dan pembatasan akses membuat masyarakat yang terkena dampak tidak dapat membeli air dengan truk untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Akibatnya, banyak rumah tangga kehabisan solusi dan seringkali terpaksa meninggalkan tanah mereka untuk mencari sumber air yang aman untuk keluarga dan ternak mereka demi kelangsungan hidup.

Sumber : Wafa

 

***

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Leave a Reply