fbpx

Pencabutan Paksa Pohon Zaitun Untuk Saluran Air Baru Pemukiman Israel

Adara Relief-Tepi Barat :Pecabutan paksa pohon Zaitun dan perluasan saluran air baru bagi pemukiman Israel di Timur Qalqilya.

Buldozer Israel memperluas saluran air baru bagi pemukiman mereka di sepanjang jalan pintas nomor 55, yang menghubungkan pemukiman Israel bagian utara tepi barat dengan kota-kota yang berada di wilayah yang sudah terjajah sejak tahun 1948.

Sumber-sumber Palestina menyebutkan/melaporkan bahwa pipa air yang baru dibangun ini memiliki diameter sepanjang 48 inci, pembongkaran yang terletak di jalan pintas/jalur yang mencapai pemukiman bagian timur Kadimun.

Pembangunan saluran ini dimulai dari lokasi yang tidak jauh dari desa Nabi Ilyas yang berada di timur Qalqilya yang panjangnya hampir mencapai 20 KM, pembangunan ini dibagi menjadi beberapa tahap.

Pembangunan saluran ini menyebabkan tergusurnya sebagian besar tanah penduduk Palestina yang berada di sepanjang wilayah yang dilewati pipa, diantara desa dan kota yang dilewati : desa Ghazoun, Kafr Laqif, kota Weinhavut, dan Deir Istiya.

Penjajah Israel mengklaim bahwa pembangunan saluran ini bertujuan untuk memperbaiki Pemukiman Palestina, akan tetapi pedesaan yang dilewati saluran ini justru mematahkan klaim Zionis tersebut.

Karena mayoritas pemukiman yang ada di wilayah tepi barat adalah pemukiman Israel, diantaranya : pemukiman Kadumim, Emmanuel, Gen Shamron, Karneh Shamron, Exselency Shamron, Alfiyah Manshah, Dan Tasufim.

Sedangkan pemukiman yang dekat dengan Zataara disebut dengan pemukiman Zahrul Jabal.

Disebutkan dalam sebuah video bergambar yang merupakan milik koordinator administrasi sipil bahwa saluran ini membantu pemukiman Palestina begitu juga dengan pemukiman Yahudi karena saluran ini merupakan proyek perusahaan air Israel, Mikrot.

Sumber: paltoday.ps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas