Perempuan Palestina Berusia 85 Tahun Meraih Gelar Sarjana

Seorang perempuan Palestina, Jihad Buttu, telah memperoleh gelar sarjana hukum Islam pada usia 85 tahun. Lahir pada 1936 di Nablus, Tepi Barat, ia diberi nama Jihad–yang berarti perjuangan–untuk menghormati perlawanan Palestina yang menuntut diakhirinya migrasi Yahudi ke Palestina.

Jihad bersekolah di kota kelahirannya, Al-Mujaydil dekat Nazareth, sampai dengan 1948, ketika Nakba terjadi dan orang-orang Palestina diusir dari rumah mereka oleh geng-geng Yahudi. Ibunya jatuh sakit pada tahun yang sama dan Jihad terpaksa putus sekolah.

Pada 1954, Jihad menikah, dan selama pernikahannya ia melahirkan lima anak. Namun, semangatnya untuk belajar tidak pernah padam. Ia mengambil beberapa kursus bahasa dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani, serta kursus matematika. Pada usia 81, ia mendaftar di sebuah perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar universitas.

“Saya belajar keras berjam-jam pada malam hari,” kata Jihad, “Saya akan mengajarkan apa yang saya pelajari kepada orang-orang di sekitar saya. Apa gunanya ilmu jika saya simpan hanya untuk diri saya sendiri, saya ingin mengajar orang lain agar mereka juga dapat bermanfaat,” kata lulusan baru tersebut.

***

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

Leave a Reply