(Adara Report Edisi 01, Agustus 2021) Krisis Air Palestina: Upaya Sistematis Zionis Memutus Akses Air Untuk Meruntuhkan Kedaulatan

Israel menyabotase seluruh kehidupan yang ada di Palestina. Tidak hanya tanahnya yang dirampas, tetapi juga air yang menjadi intisari kehidupan ikut dicuri. Di wilayah Tepi Barat yang dijajah, 85 persen air diperuntukkan bagi pemukin ilegal Israel. Hanya 15 persen yang bisa dinikmati penduduk Palestina, itu pun dengan cara dibeli. Ironisnya, pada saat penduduk Palestina tengah mengalami krisis air, pemukim Israel menikmati keberlimpahan air yang tidak hanya digunakan untuk konsumsi, tetapi juga untuk mengisi kolam renang, mencuci kendaraan dan pertanian. Di Gaza, 95 persen airnya tercemar air laut dan limbah. Hal ini dikarenakan eksploitasi air tanah oleh Israel sehingga pasokan air tanag di Gaza terisi ulang oleh air laut dan tercemari limbah saluran air.

Selengkapnya baca di Adara Report Edisi 01, Agustus 2021.

 

***

Ikuti media sosial resmi Adara Relief di FacebookTwitterYouTube, dan Instagram untuk informasi terkini seputar  program bantuan untuk Palestina.

Donasi dengan mudah dan aman menggunakan QRIS. Scan QR Code di bawah ini dengan menggunakan aplikasi Gojek, OVO, Dana, Shopee, LinkAja atau QRIS.

Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut tentang program donasi untuk anak-anak dan perempuan Palestina.

 

Leave a Reply